BABAD MERDEN

MASA AKHIR KADIPATEN WIRASABA

Setelah Adipati Wirasaba VI Wargo Utomo I meninggal dunia Sultan Hadiwijaya mengangkat Jaka Kaiman putra mantu Wargo Utomo I untuk menjadi Adipati Wirasaba ke VII dengan gelar Wargo Utomo II.

Pada acara paseban agung Kabupaten Wirasaba Adipati Wargo Utomo II mengumumkan kebijakannya yang sangat terpuji, yaitu membagi wilayah kadipaten Wirasaba menjadi 4 wilayah kadipaten yang dibagikan pada saudara-saudara iparnya, yaitu :

1. Daerah Wirasaba diserahkan kepada Ngabehi Wargi Wijaya putra No.3;

2. Daerah Merden dengan wilayah ex Kawedanan Purworejo Klampok, diserahkan pada Wiro Kusumo putra No. 2 alian Ki Gede Senon;

3. Daerah Banjar Petambakan diserahkan pada Wirayuda putra No. 4;

4. Daerah Kejawar dikuasai oleh Joko Kaiman (Wargo Utomo II). Daerah ini merupakan cikal bakal Kabupaten Banyumas tahun 1585 dengan sebutan Adipati Mrapat.

Putra kedua Ngabehi wirokusumo yang terkenal dengan nama Ki Gede Senon tidak lama menetap di Merden, karena sudah merasa cocok di Senon (Kecamatan Kemangkon Purbalingga).

18 responses

18 03 2010
satria majapahit

saya adalah cicit ke 7 dari eyang kanjeng RM. Sutawijaya demang Merden, saya tinggal dijakarta, terima kasih… saya sangat terharu membaca uraian cerita yang menyengkut legenda leluhur saya kanjeng eyang RM. Sutawijaya.. terima kasih.. mohon dapat diinfokan/dikirimkan ke email saya haris_8888@yahoo.co.info.

18 03 2010
satria majapahit

saya adalah cicit ke 7 dari eyang kanjeng RM. Sutawijaya demang Merden, saya tinggal dijakarta, terima kasih… saya sangat terharu membaca uraian cerita yang menyengkut legenda leluhur saya kanjeng eyang RM. Sutawijaya.. terima kasih.. mohon dapat diinfokan/dikirimkan ke email saya haris_8888@yahoo.co.id

13 05 2010
sigit dwi antoro

menarik juga ternyata anda punya silsilahnya, senang sekali kalau mau sharing biar data lebih akurat

30 04 2010
arif

Wah,Ternyata dibalik kesederhanaan desa merden tersimpan kisah yang leluhur yang menarik , makasih mas sigit…atas kisah babad tanah Merden-nya…btw tu kok formatnya kayak buat skripsi ya mas…
From Eko tinggal di Jakarta, asal pesantren…

13 05 2010
sigit dwi antoro

sama2, ni lg coba tulis versi serial

2 05 2010
wicaksono budhi prayitno

Mas Sigit Yth,

Apakah anda memiliki daftar nama Demang Merden dari masa ke masa, sejak pendirinya hingga Demang terakhir pada masa status Kademangan dirobah menjadi Desa oleh Pemerintah RI.

Seandainya ada , saya kira akan lebih melengkapi khazanah pembaca tentang Babad Kadipaten / Kademangan Merden.

Saya bukan berasal dari Merden atau Kab Banjarnegara , namun sebagai orang jawa dengan culture backgroud Mataram , saya senang membaca sejarah / babad Kadipaten , Kabupaten , Kademangan yang ada di wilayah eks Mataram Islam.

Terima kasih atas perhatiannya

salam hormat & jabat erat,
wicaksono.

13 05 2010
sigit dwi antoro

sampai saat ini belum ketemu… dalam perkembangannya kadipaten merden berubah menjadi kademangan…. semoga nanti bisa lebih lengkap lagi….

19 10 2010
sigit dwi antoro

semoga bisa lebih lengkap mas

16 11 2010
ahmad

alangkah baiknya rekan2 yang mempunyai atau ada hubungannya dengan trah sutawijaya dpt memberikan tambahan informasinya

17 11 2011
SURATNO

Menarik skali buat cerita anak cucu,sya orang merden lgi merantau d serang sangat suka sekali membaca cerita ini sukses selalu buat mas sigit

4 02 2012
aryati

aku memang ingin sekali mengetahui babad merden karena aku asal merden tp malah ngga tau ceritanya,
thanks

8 02 2012
Fayes

Menarik sekali ternyata, hmmm saya wong merden deket PKU….
Bloge nyong: http://fayescool.blogspot.com/

5 03 2012
zul intan pramudya

jan rasane kaya maca buku api di bukit menoreh
hebat lah mas sigit, ora kalah karo SH Mintardja
lanjutkan hehee….

1 04 2012
suherman beno/aron/jhinhun

trmksh masih ada yg peduli dng babad atau sejarah banyumas .ni menarik sekali krn bangsa yg besar adalah bangsa yg selalu ingat akan sejarahnya,saran alangkah baiknya jika stiap kejadian sejarah di sertai kapan waktunya terjadi sprt tgl bulan tahun brpa sjarah tsht trjd.

3 04 2012
Harsono

tau gak asal usul gemelem, konon moyangku adalah demang disana.

16 05 2022
Ratu Kalinyamat

Apakah babad merden ini ada hubungannta dengan kisah agung sedayu

9 08 2012
Tono Balteng alias bala tengah

Salut masss kapan tuh babad dicetak…

29 03 2013
luthfi amin

mungkin dari teman2 ada yg pernah denger nama eyang tuking???yg membawa mitos siapa yg memakai iket dan slempangnya konon akan berhasil mjd pejabat…??

Tinggalkan komentar